PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Fitri Azizah

Progam Studi Fisika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Jember

Email : fitriazizah4696@yahoo.com

Abstrak 

      Salah satu wadah yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini adalah internet. Tujuan dari penelitian tentang teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Perancangan dan analisis yang digunakan yaitu mencari informasi mengenai keadaan pendidikan yang ada di Indonesia saat ini, alasan teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia, dan dampak positif dan dampak negatif dari teknologi informasi yang dapat dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia. Sehingga didapatkan gambaran yang jelas dalam menyelesaikan permasalahan-permasalan yang ada dalam meneliti tentang pengaruh kemajuan pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Pendidikan, Dampak Positif, Dampak Negatif.

A. PENDAHULUAN

     Pengaruh Teknologi Informasi dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini sangat pesat sekali, baik mencari informasi maupun menerima informasi, sehingga dapat membantu manusia memudahkan permasalahan yang sedang dihadapinya. Seiring perkembangan zaman pertukaran informasi semakin cepat dan instan sehingga penggunaan sistem tradisional dalam dunia pendidikan kurang disukai lagi oleh peserta didik, oleh karena itu dunia pendidikan perlu meningkatkan sistem pendidikan dengan berbasis ICT karena memiliki banyak manfaat untuk dunia pendidikan. Dunia internet tidak terlepas dari bidang pendidikan karena dengan internet seorang mahasiswa atau siswa dapat menggali berbagai sumber informasi yang dibutuhkan seperti perpustakaan on-line, pertukaran data (file sharing), e-mail, teleconference dan banyak lagi fasilitas lainnya. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pendidikan akan memungkinkan terciptanya sistim pembelajaran elektronik seperti: e-learning, distance learning, virtual school dan virtual university. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran atau pendidikan memungkinkan hasil pendidikan lebih baik dan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif.

       Teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.

           Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan. Salah satu metode yang mulai diterapkan yaitu pembelajaran distance learning. Metode distance learning merupakan suatu metode alternatif dalam pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode distance learning sangat membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Dalam pengaksesan dan pemanfaatan metode ini, peran internet sangatlah diperlukan, karena melalui internet seseorang dapat mengirim file atau meng-upload file yang ingin dipublikasikan dan melalui internet juga seseorang dapat mengakses file yang ingin dicari. Selain metode distance learning, masih banyak metode-metode lain yang sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, diantaranya dengan adanya modul-modul pembelajaran gratis yang tersedia, portal pembelajaran online,dan lain-lain.

           Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia bisa dibilang cukup tertinggal, jika dibandingkan dengan negara lain,  Peran pemerintah sangat diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan teknologi informasi disemua daerah di negara ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu daerah-daerah yang penyampaian proses informasinya masih minim dan tidak hanya fokus pada daerah atau kota-kota besar saja seperti yang terjadi pada saat sekarang ini, karena pada kenyataannya peran daerah dalam mendukung perkembangan teknologi informasi dan perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah penting.

    Penyebaran teknologi informasi yang belum merata akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan. Hal ini dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting. Teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor yang paling dominan.

      Penelitian tentang teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia akan membahas tentang keadaan pendidikan yang ada di Indonesia saat ini, alasan teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia, dan dampak positif dan dampak negatif dari teknologi informasi yang dapat dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian tentang teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

B. TINJAUAN PUSTAKA

        Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer atau perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi atau komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. Pengertian Teknologi Informasi menurut ITTA (Information Technology Association of America), Teknologi Informasi adalah suatu studi, perancangan,implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman (Sutarman,2009).

    Menurut bapak pendidikan Nasional Indonesia Ki Hajar Dewantara, beliau telah menjelaskan tentang pengertian pendidikan sebagai berikut :
 Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.” Pendidikan merupakan proses sosialisasi yang terarah. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang normatif, akan memberikan warna kehidupan sosial seseorang di dalam masyarakat dan kehidupan di masa yang akan datang. Pendidikan dalam arti luas harus diartikan bahwa perkembangan seseorang dipengaruhi oleh kehidupan keluarga, masyarakat, dan kelembagaan. Penanaman norma perilaku yang benar secara sengaja diberikan kepada peserta didik yang belajar di kelembagaan pendidikan atau sekolah (Sudirman, 1991).

           Indonesia adalah sebuah Negara berkembang di suatu kawasan Asia yang lebih tepatnya Asia tenggara yang juga masih termasuk kawasan yang berkembang . Didalam sebuah Negara dan kawasan berkembang ada beberapa faktor yang sangat dibutuhkan agar dapat menjadi Negara maju ,beberapa faktor yang dibutuhkan untuk mengembangkan Negara menjadi Negara yang maju yaitu sumber kekayaan alam dan sumber daya manusia . Namun sumber kekayaan alam tidak akan berguna tanpa ditunjang dari kualitas sumber daya manusianya sendiri , berdasarkan hal tersebut lah sebagai Negara berkembang Negara Indonesia harus meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dari Indonesia.

         Dunia pendidikan mengenai peran IT atau teknologi informasi dan komunikasi dijadikan nilai mutlak ynag harus dikuasai untuk menyambut era globalisasi dengan persaingan kemajuan teknologi yang pesat. Dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan untuk menemui pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini, hal ini dapat dilakukan dari rumah dengan menggunakan alat komunikasi seperti telepon atau dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui internet, via email, ataupun dengan melanisme file sharring. Sharring informasi juga sangat dibutuhkan dalam bidang penelitian agar penelitian tidak berulang (reinvent the wheel). Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan teknologi. Bagi Indonesia, manfaat-manfaat yang disebutkan diatas, sudah menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan teknologi dan internet sebagai infrastruktur dibidang pendidikan. Untuk merangkumkan manfaat internet bagi pendidikan di Indonesia: akses ke perpustakaan, akses ke pakar, menyediakan fasilitas kerja sama. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya dibidang internet, memacu kebutuhan akan sumber daya manusia yang handal. Menghasilkan Sumber daya Manusia (SDM) yang berkualitas ini perlu dibutuhkan kerjasama antara institusi pendidikan formal (perguruan tinggi, sekolah) dan pendidikan informal. Penggunaan Internet, saat ini telah mengubah penggunaan Teknologi Informasi. Di berbagai tempat di dunia, akses terhadap informasi menjadi lebih mudah dan murah dengan adanya media internet ini. Indonesia pun tidak berbeda dengan Negara lain, Internet dan teknologi informasi dan komunikasi mulai menjadi sesuatu hal yang sangat penting.

            Teknologi informasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap manusia di era ini, teknologi informasi yang telah menglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Teknologi informasi dibidang pendidikan banyak memiliki peranan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfungsian buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun, Teknologi informasi juga memiliki banyak kekurangan. Teknologi informasi tidak hanya memberikan dapak positif, namun juga memiliki dampak negative terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan.

C. PERANCANGAN DAN ANALISA

1. Perancangan

    Penelitian tentang teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia menggunakan perancangan dalam mengatasi permasalahan tentang keadaan pendidikan yang ada di Indonesia saat ini, alasan teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia, dan dampak positif dan dampak negatif dari teknologi informasi yang dapat dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia. Perancangan yang digunakan yaitu mencari informasi mengenai keadaan pendidikan yang ada di Indonesia saat ini, alasan teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia, dan dampak positif dan dampak negatif dari teknologi informasi yang dapat dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia. Sehingga didapatkan gambaran yang jelas dalam menyelesaikan permasalahan-permasalan yang ada dalam meneliti tentang pengaruh kemajuan pendidikan di Indonesia.

2. Analisa

       Permasalahan diidentifikasi dengan menganalisis tentang keadaan pendidikan yang ada di Indonesia saat ini, alasan teknologi informasi dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia, dan dampak positif dan dampak negatif dari teknologi informasi yang dapat dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia.

D. HASIL DAN PEMBAHASAN

1. Keadaan Pendidikan di Indonesia Saat Ini

      Keadaan pendidikan saat ini masih menghadapi persoalan dan tantangan yang kompleks dan mendasar, sekaligus menyongsong harapan di tengan era global. Bangsa Indonesia dengan pasti tidak dapat menghindar dari pergaulan Pasar Bebas seperti GATT, WTO, AFTA dan pergaulan dunia yang mempengaruhi segala aspek berkehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Sebagai bangsa yang relatif muda, tentu masa depan kita berorientasi kepada kecenderungan standar internasional, akan banyak dijumpai kekurangan-kekurangan yang bersifat ontologis baik yang menyangkut sumber daya manusia maupun penguasaan teknologi.

        Kegamangan pendidikan salah satunya disebabkan oleh keraguan menetapkan komitmen terhadap konsep pendidikan yang berkarakter Indonesia. Selama ini bangsa Indonesia telah terbuai dengan janji dan implementasi berbagai konsep pendidikan dari luar yang ternyata hanya menjauhkan atau mencerabut marwah ke Indonesiaan dari generasi ke generasi berikutnya. Sudah saatnya kita menggali, mengembangkan dan mengimplementasikan harta karun konsep pendidikan asli Indonesia yaitu yang salah satunya telah digagas dan diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu: ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani. Hanya di Indonesialah terdapat konsep ing ngarsa sung tuladha dan tut wuri handayani. Sementara di negara-negara Barat, mereka hanya unggul ing madya mangun karsa. Jelaslah kiranya bahwa konsep pendidikan dari Ki Hajar Dewantara cukup menjanjikan solusi untuk mengatasi krisis multidimensi bangsa. Adalah tantangan dan tugas kita semua, para pelaku dan stake holder pendidikan untuk mampu menggali dan mengimplementasikannya; sementara pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional diharapkan mampu memfasilitasi dan membuat kebijakan kependidikan yang selaras dengan semangat tersebut.

       Pengembangan pendidikan di Indonesia terkendala oleh adanya anomali paradigma pendidikan yaitu: pendidikan jangka panjang versus pendidikan jangka pendek, pendidikan terdesentralisasi versus pendidikan terpusat, pendidikan terbuka versus pendidikan tertutup, inovasi pendidikan versus status quo pendidikan, pendidikan sebagai kebutuhan versus pendidikan sebagai investasi, pendidikan yang melestarikan versus pendidikan yang konstruktif, pendidikan berorientasi proses versus pendidikan berorientasi hasil, pendidikan untuk semua versus pendidikan terkanalisasi, dst.

2. Teknologi Informasi yang Dapat Mempengaruhi Kemajuan Pendidikan di Indonesia

          Perkembangan teknologi informasi yang menjadi jembatan ilmu. Salah satu peran teknologi informasi diera globalisasi ini adalah sebagai media informasi, misalnya internet. Peserta dapat  mengeksplorasi informasi yang ada  diseluruh dunia dengan lebih efisien dan efektif hanya dengan mengakses internet. Teknologi informasi dapat pula dimanfaatkan peserta didik sebagai media komunikasi, misalnya memanfaatkan jaringan internet untuk chatting dan mailing , peserta didik dapat berkomunikasi dengan saling bertukar informasi tentang apa yang sedang dibahas. Tidak hanya komunikasi antara peserta didik, peserta didik dengan guru atau para ahli pun dapat dilakukan. Dengan cara ini, peserta didik akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan.

          Adanya perkembangan teknologi informasi, belajar menjadi jauh lebih efisien. Proses pembelajaran tidak harus selalu dengan bertatap muka seperti jaman dahulu. Faktor-faktor teknologi informasi diperlukan dalam pendidikan di Indonesia yaitu keterbatasan kualitas dan kuantitas sumber daya pendidikan di Indonesia. Beberapa contoh keterbatasan yang dimaksud adalah terbatasnya jumlah guru , terbatasnya jumlah referensi pendidikan yang dapat digunakan peserta didik, terbatasnya jumlah sekolah bermutu, terbatasnya jumlah perpustakaan yang dapat diakses dan terbatasnya jumlah sarana dan prasarana pendidikan lainnya yang dapat menunjang kemajuan pendidikan. Ketidakmerataan kesempatan dalam memperoleh pendidikan yang merupakan hak setiap manusia. Permasalahan yang terkait dengan pemerataan kesempatan dalam memperoleh pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia dapat segera terwujud, dengan adanya konsep Universitas terbuka yang mampu menjangkau daerah terpencil dapat segera diikuti dengan konsep “ sekolah terbuka “ .

         Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

         Teknologi dalam kehidupan manusia dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.

        Di Indonesia, semakin banyak mahasiswa, professor, ilmuwan dan lainnya turut serta mengembangkan Teknologi Informasi di Indonesia. Teknologi informasi dipandang sangat penting untuk dikembangkan di Indonesia, penyebabnya karena bangsa Indonesia tertinggal oleh bangsa-bangsa lain salah satunya adalah karena minimnya perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Kebanyakan bangsa kita lebih senang memanfaatkan Teknologi Informasi, tetapi tidak banyak yang berminat untuk bisa menguasai dan mengembangkannya. Melihat dari uraian diatas, maka sudah seharusnya bangsa Indonesia berusaha untuk bangkit dan berkembang. Sebenarnya bangsa Indonesia mempunyai banyak pemuda yang mempunyai bakat dalam bidang Teknologi Informasi, akan tetapi karena mungkin keterbatasan biaya, maka mereka menjadi kurang bersemangat untuk mengembangkannya.

3. Dampak Positif dan Dampak Negatif dari Teknologi Informasi yang Dapat Mempengaruhi Kemajuan Pendidikan di Indonesia

a. Dampak Positif Penggunaan TIK

       Perkembangan Teknologi Informasi dapat meningkatkan kehidupan manusia, yang berarti keberadaan teknologi informasi dan komunikasi dapat member manfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia. Ketika menggunakan telepon , menonton televise, mengerjakan tugas dengan computer dan menggunakan fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita sangat mudah kita atasi. Dampak Positif penggunaan Teknologi Informasi juga memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi dari belahan dunia lain dengan mudah dapat diterima dengan cepat , aktivitas komunikasi antar dua tempat yang berjauhan menjadi lebih muda dan cepat menggunakan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi.

          Dalam bidang pendidikan, perkembangan Teknologi Informasi berpotensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, hal ini ditandai adanya hubungan guru dengan siswa , guru dan guru , dan antar guru siswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan dalam dan diluar sekolah. Teknologi Informasi sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Dalam bidang pendidikan, Teknologi Informasi banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalih fasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi Informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang.

b. Dampak Negative Penggunaan TIK

    Perkembangan TIK sering dianggap sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para penggunanya. Namun ketika nalar , kemampuan dan iman kita belum memadai atau tidak siap untuk mengikuti perkembangan tersebut. Perkembangan TIK tidak hanya menimbulkan efek positif , tetapi juga menimbulkan efek negative . Efek negative tersebut disebabkan oleh perkembangan ilmu IPTEK. Penguasaan IPTEK bahkan digunakan untuk menggali prosedur yang jujur sehingga chyber crime. Selain itu Penguasaan IPTEK malah digunakan untuk memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah cyber porn. Adapun efek negative lainnya dari penggunaan TIK adalah semakin maraknya aktivitas pembajakan program computer dan VCD, CD, DVD aktivitas tersebut merupakan tindak kriminalitas yang diatur undang-undang karena termasuk kegiatan illegal yang merugikan pihak lain.

    Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention). Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.

E. SIMPULAN DAN SARAN

1. Kesimpulan

        Keadaan pendidikan saat ini masih menghadapi persoalan dan tantangan yang kompleks dan mendasar yang dapat mempengaruhi segala aspek berkehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Sebagai bangsa yang relatif muda, tentu masa depan kita berorientasi kepada kecenderungan standar internasional, akan banyak dijumpai kekurangan-kekurangan yang bersifat ontologis baik yang menyangkut sumber daya manusia maupun penguasaan teknologi. Perkembangan teknologi informasi yang menjadi jembatan ilmu. Salah satu peran teknologi informasi diera globalisasi ini adalah sebagai media informasi, misalnya internet. Peserta dapat  mengeksplorasi informasi yang ada  diseluruh dunia dengan lebih efisien dan efektif hanya dengan mengakses internet. Dampak positif  dari Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalih fasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi Informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Dampak negatif dari Teknologi Informasi yaitu penguasaan IPTEK digunakan untuk menggali prosedur yang jujur sehingga chyber crime. Selain itu Penguasaan IPTEK malah digunakan untuk memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah cyber porn.

2. Saran

         Dampak negative dari berbagai fasilitas teknologi informasi termasuk internet, sama sekali tidak dapat dipandang sebelah mata, karena dampak negatif tersebut sangat mempengaruhi aktivitas penggunanya. Maka dari itu dalam hal ini peranan orang tua pun sangat dibutuhkan dalam hal ini. Pihak-pihak pengajar baik orang tua maupun guru, memberikan pengajaran-pengajaran etika dalam menggunakan teknologi informasi yang dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika. Pemerintah sebagai pengendali sistem-sistem informasi seharusnya lebih peka dan menyaring apa-apa saja yang dapat di akses oleh para pelajar dan seluruh rakyat Indonesia di dunia maya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Sutarman, 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Sudirman.et. al. 1991.Ilmu Pendidikan. Bandung : PT. Rosdakarya.

Subandoro, Aswin Bimo. 2014. “Perkembangan pendidikan indonesia”. Koran Kompas
(online), http://www.kompasiana.com, diakses 31 Agustus 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *